Rabu, 20 Juli 2016

Berinternet Sehat, KAMI BISA..!!!

Foto : Ilustrasi Internet Sehat RTIK Bojonegoro

Dalam perkembangan zaman yang semakin maju di pertengahan 2016 ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mengalami perkembangan yang sangat cepat, bahkan boleh dibilang zaman dulu dan zaman sekarang memang sudah berubah. Tingkah polah prilaku anak dan remaja semakin banyak dipengaruhi dunia digital yang semakin akrab dengan lingkungan kita. sebut saja acara-acara televisi, dunia telekomunikasi, dan yang tidak asing ditelinga kita tentu ada sebuah dunia baru yang hadir yang datang secara pasti dan mutlak tidak dapat dihindari oleh para remaja dan anak-anak masa kini yakni dunia Internet, atau biasa disebut dunia maya.

Pertanyaannya seberapa besar pengaruh Internet bagi perkembangan manusia masa kini? apa manfaat dan bahayanya internet bagi remaja dan anak-anak? dan bagaimana kita sebagai sebagai orang tua menyikapi?

Internet mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam revolusi digital masa kini, dia sekejap mata menjelma menjadi kekuatan super yang mampu menggerakkan interaksi data antar manusia secara cepat dan tepat, dan sebut saja Facebook, BBM, WhatSapp, Instagram, Youtube dan lain sebagainya merupakan suatu layanan yang berbasis internet. bahkan kalau Jaringan Internet sendiri itu tampak bisa dilihat oleh mata, bisa menjadi kemungkinan akan menjerat aktifitas kita keseharian.
Akan tetapi yang perlu diingat bahwa setiap benda yang diciptakan didunia pasti dan pasti mempunyai kemanfaatan dan kemudharatan, tak terkecuali Internet sendiri yang merupakan semacam pisau bermata ganda yakni tajam ke posifit dan tajam ke negatif.

Oleh karenanya kewaspadaan dan sikap persuasif harus selalu kita hidupkan oleh kita sebagai orang tua, guru di kependidikan, dan sekalipun sebagai pengguna tingkatan terendah baik itu tua, muda, remaja, atau bahkan anak-anak yang sekarang telah akrab dengannya tersebut. Bahwa mesti kita sadari dengan benar bahwa Internet tidak akan berbahaya selagi kita menggunakan dengan benar, kita gunakan dengan santun dengan budaya ke Indonesiaan kita, kita gunakan juga tentunya dengan tidak bertentangan denan nilai-nilai keagamaan yang merupakan pedoman tertinggi dalam hidup yang akan menjadi benteng terakhir bagi diri manusia.

Dari inilah saatnya kita goreskan kembali bahwa perbaikan lingkungan adalah masalah kita bersama, dengan senantiasa mengembalikan penanaman akhlak dalam segala tingkatan, pendampingan dalam bimbingan remaja secara aktif dan masif, untuk sadar bahwa Penggunaan Internet Sehat yakni secara cerdas, Kreatif dan Produktif akan mampu membawa prestasi dan perubahan yang positif dan. dan sebaliknya bahwa penggunaan Internet secara Negatif seperti halnya pornografi,  penipuan dan penyimpangan lain hanya akan membawa kita semakin dekat dengan jurang kehancuran yang pada akhirnya mereka akan sadar dan bicara "penyesalan itu memang ada dibelakang".

#PraytoAmalia
#SaveInternetSehat
#desabuluhebat

1 komentar:

Nova mengatakan...

Wahhhh bagus tulisannya :D Ayo semangat ngeblog ^^

Posting Komentar